Tempat Curhatnya Seorang Driver Gojek

Kamis, 05 Oktober 2017

7 Point Menjadi Customer Adil

Bismillahirrahmanirrahim

[ 7 Poin Menjadi Customer Adil ]

Customer (pelanggan/konsumen) layanan GO-JEK adalah raja bagi driver. Itu bukan kehendak kami. Tapi titah sistem memang demikian adanya. Pameo "konsumen adalah raja" secara totalitas juga berlaku di dunia ojek online.

Gojek Driver (Sumber foto: FB Gojek Korwil Utara)
Kami memahami maksud perusahaan agar segala keluhan customer tidak sampai terpublikasi secara meluas (yang dikhawatirkan membuat citra GO-JEK buruk di khalayak umum). Oleh karenanya apapun keluhan customer, karpet merah terhampar untuk menyambutnya. Sebab mengacu kepada konsep perusahaan, lebih baik customer komplain langsung (lalu diperhatikan, akhirnya menjadi konsumen fanatik), daripada diam membisu lalu mencopot pemasangan aplikasi, yang pada akhirnya perusahaan kehilangan customer.

Namun demikian, perusahaan tidak secara sungguh-sungguh menerapkan langkah mengklarifikasi dua pihak (cover both side), misal driver juga dapat memberi feedback untuk customer. Driver seringkali menjadi korban bulan-bulanan customer. Parahnya lagi, customer keliru memberi komentar/rating untuk driver yang dituju (salah target). Kalau sudah seperti ini, wayahna.
Berikut beberapa tahapan menjadi Customer yang Adil:

1. Ketika instal aplikasi GO-JEK, tolong pastikan untuk mendaftarkan nama jelas (boleh samaran) dan status nomor telepon aktif.

2. Saat mulai booking order, tolong pastikan nomor telepon aktif dan titik lokasi jemput dan lokasi tujuan presisi.

Tips:
  • Ketika Anda menginput alamat yang dituju, tapi masih berbeda jarak dengan lokasi sesungguhnya, silakan geser pin lokasi ke titik yang paling pas. Ini yang disebut Customer Adil.
  • Jangan sungkan untuk cantumkan nomor rumah atau blok yang lengkap.
  • Jika dirasa perlu, berikan patokan/rute atau ciri khas lokasi.
3. Saat order Anda (GoRide) sudah diterima oleh driver, waktu driver untuk menjemput maksimal 10 menit, kecuali ada konfirmasi sebelumnya, misal jarak tempuh jauh atau jalan macet. Jadi, tolong dipahamilah rentang waktu ini. Jangan anggap ketika Anda hit order, sim salabim driver langsung ada. Kecuali jika Anda berada di samping driver.

Ketahuilah, cancel yang Anda lakukan menurunkan nilai performa driver. Dan performa ini dijadikan syarat untuk mendapatkan bonus.

4. Begitupun dengan order GoFood, tolong berikan keterangan sedetil mungkin sesuai yang Anda inginkan. Sebab pilihan menu (toping, saus, level, dll) sangat beragam. Ini artinya Anda meng-customize order selain opsi standar. Tolong, order GoFood ini jangan dipermainkan, sebab driver butuh modal untuk membelikan makanan/minuman Anda. Perilaku cancel sepihak, selain menurunkan performa, juga merugikan waktu, tenaga, dan materi driver.

5. Kalau order GoSend, tolong pastikan titik lokasi dan alamat sesuai dan nomor telepon penerima aktif. Sampaikanlah kepada penerima bahwa Anda baru saja order GoSend, agar pihak penerima bersiap. Selain itu, berpikirlah wajar bahwa barang kiriman dapat diangkut dengan kendaraan roda dua. Sebab ini demi keamanan dan kenyamanan driver. Barang Anda juga akan terlindungi. Gunakanlah GoBox untuk pengangkutan barang yang lebih besar. Tolong pastikan, nama driver, plat nomor, dan wajahnya sesuai di aplikasi.

6. Bilamana driver belum konfirmasi customer, jangan sungkan untuk hubungi driver. Sebab seluruh biaya operasional dikeluarkan oleh driver. Bisa jadi pulsanya habis, belum ada uang untuk beli pulsa.
Pada 8 Desember 2015 saya sudah usulkan agar ada fitur selain telepon, yaitu SMS dan WA (chatting). Namun belakangan baru ada fitur SMS. Seperti yang kita pahami, perusahaan bekerjasama dengan salah satu provider telekomunikasi. Boleh jadi tertundanya fitur WA (chatting) karena berbenturan dengan kepentingan kerjasama bisnis.

7. Ketika seluruh layanan sudah selesai dijalankan driver, berbesar hatilah untuk memberi rating bintang 5, ditambah komentar positif, jika Anda puas (misal: driver ramah, beratribut Go-Jek, memberi masker dan hair cap, dll). Dan tolong pastikan Anda tepat memberi rating untuk driver yang dituju, jangan salah sasaran. Memberi feedback adalah GRATIS.

* * *

Jika 7 Poin ini dilakukan, maka Anda berhak menjadi Customer yang ADIL, bukan Customer yang ZALIM. Siapa itu customer yang zalim? Diantaranya adalah customer: yang mempermainkan jarak untuk mengurangi biaya; yang berikan alamat tidak jelas sehingga driver kesulitan, habis waktu dan tenaga untuk mencari alamat; customer (atau driver yang gunakan aplikasi) untuk buat order fiktif sehingga menyusahkan driver.

Tentu akan lebih sempurna jika Anda menjadi Customer yang IHSAN, selain ramah dan memberi feedback bintang 5, Anda juga berkenan untuk berbagi. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan limpahan kebaikan kepada semua customer yang berlaku ADIL dan IHSAN, amin.

Salam,
Sulung Nof


Note : Tulisan ini saya copy paste dari postingan salah satu member grup FB Driver Super.
Share:

1 komentar:

  1. sekarang konsumen gojek juga smart geser titik drop off biar dapat lebih murah tarif nya....

    BalasHapus

Definition List

Unordered List

Our Services